Ditemukan Larva Belut Transparan

Leptocephalus (yang berarti “kepala ramping”) adalah larva transparan dan datar dari belut laut, dan salah satu anggota dari Elopomorpha superorder. Ini adalah kelompok teleosts yang paling beragam, mengandung 801 spesies, 24orde, 24 family, dan 156 genera. Ikan-ikanyang memiliki tahap larva leptocephalus antara lain adalah Conger, belut moray, belut taman, dan belut air tawar dari family Anguillidae.
 
Semua Leptocephali (leptocephalus tunggal) memiliki tubuh yang rata yang mengandung zat transparan seperti jellyt di dalam tubuh dan lapisan tipis otot dengan myomeres terlihat dari luar. Organ tubuh mereka kecil dan mereka hanya memiliki tabung sederhana untuk usus. Kombinasi fitur-fitur ini mengakibatkan mereka menjadi sangat transparan ketika mereka hidup. Mereka juga kekurangan sel darah merah sampai mereka mulai bermetamorfosis menjadi tahap belut kaca (glass eel) remaja ketika mereka mulai terlihat seperti belut.
 
Leptocephali berbeda dari larva ikan-ikan lainnya karena mereka tumbuh dengan ukuran lebih besar dan memiliki usia larva yang lama sekitar 3 bulan hingga lebih dari satu tahun. Fitur lain yang membedakan organisme ini dari lainnya adalah kantong mucinous mereka. Mereka bergerak dengan gerakan renang anguilliform yang khas dan dapat berenang baik maju dan mundur. Sahabat http://www.anehdidunia.com sulit menentukan sumber makanan mereka karena tidak ditemukannya zooplankton (yang biasanya menjadi makanan larva ikanlainnya) dalam usus mereka. Baru-baru ini ditemukan bahwa mereka memakan partikel-partikel kecil yang mengambang bebas di laut, yang sering disebut sebagai salju laut.

Larva Leptocephali hidup terutama di kedalaman 100 meter dari permukaan laut di saat malam hari, dan sedikit lebih dalam saat siang siang hari. Leptocephali ditemukan di seluruh laut dunia, dari southern temperate zone hingga garis lintang tropis, di mana belut dewasa dan kerabat dekat mereka tinggal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s