Video Highlight MotoGP Le Mans 2012, Rossi VS Stoner

Video Siaran ulang Motogp le mans prancis minggu hari ini 20 mei 2012. Pertarungan sengit baris depan Valentino Rossi VS Casey Stoner, yang berahir dengan kemenangan Rossi mempecundangi Stoner pada lap terakhir.

Sebelum menghabisi stoner valentino rossi sempat bersaing juga head to head dengan dua pembalap Yamaha Monster Tech 3, Car Curthclow dan Andrea Dovizioso, kedua pembalap yamaha tersebut ahirnya harus rela finis di belakang rossi dan stoner karena terjatuh ketika berusaha dan terlalu bernafsu mengambil alih kembali posisi valentino rossi.

Hasil Akhir balapan seri Le mans ini sendiri di menangi Lorenzo yang berhasil meraih podium pertama disusul Valentino Rossi dan Casey Stoner masing-masing di tempat kedua dan ketiga.

Menegangkan! Itu yang kata yang bisa mengungkapkan apa yang terjadi dengan race MotoGP seri Perancis yang baru saja usai. Setelah terjadi drama luar biasa di balapan Moto2 yang mengakibatkan banyak pembalap bertumbangan, drama juga terjadi di balapan kelas MotoGP. Seri Perancis diadakan dalam kondisi trek basah setelah hujan. Air banyak menggenangi beberapa bagian trek.

Yang luar biasa di balapan kelas MotoGP adalah kembalinya Valentino Rossi. Ya, Vale duduk di podium kedua setelah melawan duo Yamaha Tech3 dan duel dengan Casey Stoner. Pemenang seri Le Mans kali ini adalah Jorge Lorenzo yang sejak awal tak tersentuh oleh pembalap lainnya.

Balapan berlangsung dalam 28 lap, wet race dan Dani Pedrosa memegang posisi pole. Valentino Rossi memulai dari start ketujuh. Biasanya Dani Pedrosa melakukan start dengan sempurna saat ia ada di pole, namun kali ini hal itu tak dilakukan Dani. Jorge Lorenzo membaca peluang dan ia langsung menyodok ke posisi pertama diikuti oleh Dani Pedrosa.

Musibah menimpa Randy De Puniet. Belum lagi melewati garis start ia sudah jatuh. Sayang ini terjadi di hadapan publiknya sendiri. Di lap ketiga Casey Stner menyalip Dani Pedrosa dan duduk di posisi dua. Saat ini Rossi ada di posisi 5.

Kejutan terjadi di lap keempat. Dani yang bisa di salip oleh Valentino Rossi harus turun terus posisinya setelah diovertake oleh duo Yamaha Tech3. Duo Yamaha Tech3, Cal dan Dovi, kemudian mengancam kedudukan Vale di posisi 3.

Selama beberapa lap duo Yamaha Tech3 ini mengganggu Rossi. Cal dan Dovi membayang-bayangi Rossi. Cal sendiri terlibat duel dengan rekan setimnya ini. Maka pertarungan antara Rossi vs Cal vs Dovi sangat menarik untuk dilihat dan berlangsung cukup menegangkan. Cal sempat meng-overtake Rossi dan Rossipun sempat ganti diovertake Dovi. Tapi jiwa pantang menyerahnya Vale membuat ia terus merangsek maju.

Di depan Lorenzo telah meluncur jauh sendirian diikuti oleh Casey Stoner. Jarak keduanya terbilang jauh. Dewi Fortuna tak berpihak pada Cal Crutchlow. Di tengah pertarungannya melawan Vale dan Dovi ia terjatuh. Meski ia tak cedera dan bisa menunggang motornya lagi, ia harus menerima nasib ada di urutan belakang.

Kini duel antara duo Italia terjadi, Valentino Rossi melawan Andrea Dovizioso. Sementara Rossi kian mendekati Casey Stoner. Yamaha Tech3 kembali tak beruntung, Dovi jatuh tapi langsung kembali ke trek. Namun ini menyebabkan Dovi tak mampu mengejar Rossi. Rossipun aman membayang-bayangi Stoner.

Akhirnya apa yang diharapkan orang-orang akan terjadi di balapan MotoGP pun terjadi. Sudah lama kita tak melihat Rossi duel dengan pembalap di row terdepan. Sudah lama kita tak melihat Rossi mampu menyaingi Jorge Lorenzo ataupun Casey Stoner. Buat Anda yang tadi tak menonton balapan MotoGP pasti menyesal dengan kejadian langka tadi.

Ducati nampaknya akrab dengan trek basah Le Mans. Casey Stoner mampu dipepet oleh Rossi. Di beberapa lap keduanya saling meng-overtake dan saling menempel ketat. Pergantian posisipun kerap terjadi. Vale kedua, namun diovertake Stoner lagi, tak lama Vale ganti menyalip. Begitu terus. Sungguh saya dan seluruh penggemar Vale di seluruh dunia akan bangga menyaksikan perjuanan seorang Valentio Rossi. Riuh gemuruh para penonton yang hadir di Le Mans membuktikan hal itu. Bahkan seorang repoter MotoGP sampai bilang bahwa teriakan penonton di Sirkuit Le Mans terdengar sampai ke bulan hahaha…

Di lap terakhir akhirnya Rossi mengamankan posisi dua dari Casey Stoner. Apakah ini bertahan sampai garis finis? Yap sodara-sodara… Vale menyentuh garis finis di belakang Lorenzo yang jadi juara di seri kali ini. Riuh gemuruh suara penonton di sirkuit Le Mans dan di TL twitter seperti menyambut pahlawan yang baru pulang dari medan perang.

Rossi yang kinclong tak dibarengi dengan Nicky Hayden yang kinclong juga. Nicky Hayden harus puas duduk diurutan keenam. Team mate Jorge Lorenzo, Ben Spies, malah lebih parah nasibnya. Setelah sempat kembali ke pit karena masalah di motornya, Spies hanya mampu finish ke 16. Itupun tertinggal 1 lap. James Ellison menjadi pembalap yang tercepat di CRT.

Kenapa Vale begitu menggila di Le Mans? Banyak hal, tapi sekedar mengingatkan, musim lalu Vale juga meraih podium pertamanya di Ducati dengan duduk di podium 3 di Le Mans. Ini merupakan podium pertama bagi Vale di musim 2012. Masih ada 14 seri tersisa. Saya tak tahu apakah Vale bisa podium lagi, yang saya tahu Vale tidak pernah menyerah dengan Ducati. Sekedar info.. walaupun Jorge Lorenzo menjadi juara tapi Trending Topics di dunia menempatkan Rossi 2nd sebagai TT World Wide no 1. Goodjob Vale..

Berikut hasil akhir balapan seri Le Mans, Perancis :

1. Jorge LORENZO – SPA – Yamaha Factory Racing – 49′39.743
2. Valentino ROSSI – ITA – Ducati Team – +9.905
3. Casey STONER – AUS – Repsol Honda Team – +11.298
4. Dani PEDROSA – SPA – Repsol Honda Team – +29.361
5. Stefan BRADL – GER – LCR Honda MotoGP – +32.477
6. Nicky HAYDEN – USA – Ducati Team Ducati – +32.842
7. Andrea DOVIZIOSO – ITA – Monster Yamaha Tech 3 – +59.759
8. Cal CRUTCHLOW – GBR – Monster Yamaha Tech 3 – +1′05.152
9. Hector BARBERA – SPA – Pramac Racing Team – +1′07.846
10. Alvaro BAUTISTA – SPA – San Carlo Honda Gresini – +1′13.193
11. James ELLISON – GBR – Paul Bird Motorsport – +1′26.663
12. Mattia PASINI – ITA – Speed Master – +1′27.633
13. Aleix ESPARGARO – SPA – Power Electronics Aspar – 1 Lap
14. Michele PIRRO – ITA – San Carlo Honda Gresini – 1 Lap
15. Yonny HERNANDEZ – COL – Avintia Blusens – 1 Lap
16. Ben SPIES – USA – Yamaha Factory Racing – 1 Lap
17. Chris VERMEULEN – AUS – NGM Mobile Forward Racing – 2 Laps
18. Ivan SILVA – SPA – Avintia Blusens – 2 Laps

Not Classified
Danilo PETRUCCI – ITA – Came IodaRacing Project – Ioda
Randy DE PUNIET – FRA – Power Electronics Aspar – ART
Karel ABRAHAM – CZE – Cardion AB Motoracing – Ducati

Sedangkan klasemen sementara MotoGP 2012 adalah :

1. Jorge LORENZO – Yamaha – SPA – 90
2. Casey STONER – Honda – AUS – 82
3. Dani PEDROSA – Honda – SPA – 65
4. Cal CRUTCHLOW – Yamaha – GBR – 45
5. Andrea DOVIZIOSO – Yamaha – ITA – 44
6. Valentino ROSSI – Ducati – ITA – 42
7. Stefan BRADL – Honda – GER – 35
8. Alvaro BAUTISTA – Honda – SPA – 35
9. Nicky HAYDEN – Ducati – USA – 33
10. Hector BARBERA – Ducati – SPA – 26
11. Ben SPIES – Yamaha – USA – 18
12. Aleix ESPARGARO – ART – SPA – 12
13. Mattia PASINI – ART – ITA – 6
14. Randy DE PUNIET – ART – FRA – 6
15. James ELLISON – ART – GBR – 5
16. Colin EDWARDS – Suter – USA – 4
17. Danilo PETRUCCI – Ioda – ITA – 4
18. Michele PIRRO FTR – ITA – 4
19. Yonny HERNANDEZ – BQR – COL 3
20. Ivan SILVA – BQR – SPA – 1

Sumber : MotoGP.com
Berikut ini video rekaman eksklusif siaran ulang Motogp le mans prancis Pertarungan “battle” head to head Valentino Rossi VS Casey stoner

text from : http://olahraga.kompasiana.com/balap/2012/05/20/moto-gp-le-mans-lorenzo-juaranya-rossi-pemenangnya/

Tinggalkan komentar